Sunday, March 20, 2016

Kembang Tahu

0 comments
Kembang tahu is one of my favourite food. Setiap sabtu atau minggu pagi, saya beli kembang tahu yang dijual oleh si mamang, beliau selalu datang jam 9 pagi dengan suara kerincingannya. Nah, sudah beberapa bulan ini si mamang tidak lewat depan rumah mama lagi dan karena lagi kepengen banget makan kembang tahu akhirnya nyoba nyari resep dan buat sendiri.

Alhamdulillah, enak dan nyess cuma kembang tahunya agak ketebalan jadi pas dipotong pakai sendok tidak bisa tipis seperti yang biasa mamang dagang. Nanti kalau mau buat lagi, mau coba pakai resep tante yaitu 1 : 8, 1 bungkus agar-agar : 8 gelas belimbing susu kacang.

Resep yang saya pakai diambil dari resep Kembang Tahu Fantasi. Silakan dicek ya teman-teman :)




Wednesday, July 30, 2014

Mango Chia Pudding

0 comments
Ikut meramaikan NCC Culinary Weeks, saya mencoba sharing menu berbuka puasa di bulan Ramadhan kemarin. Untuk ramadhan kali ini ada yang berbeda di keluarga kami karena kami sedang mencoba menjalankan puasa dengan food combining, dimana untuk berbuka puasa mengkonsumsi buah terlebih dahulu dan sebagai variasi untuk menghindari kebosanan dibuatlah chia pudding ini.



Bahan:
3 sdm chia seeds
1 cup susu almond (bisa diganti dengan susu kacang kedelai atau susu biasa)
1/2 buah mangga, potong-potong (bisa diganti dengan buah-buahan lainnya)

Cara Membuat:
1. Campur chia seeds dengan susu almond, aduk sampai rata dan biarkan semalaman di dalam kulkas.
2. Sajikan chia pudding dengan mangga

Selain untuk menu berbuka, chia pudding ini juga bisa untuk sahur. Simpel cara membuatnya dan sehat.


Wednesday, May 28, 2014

Susu Almond (Raw Almond Milk)

0 comments
Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar blog? Wah...sudah lama banget ya blog ini tidak aktif, maklum sang pemilik masih masa hibernasi. Masih jauh-jauhan sama oven dan kawan-kawannya.

Kali ini mau bagi-bagi resep yang gampang yaitu susu almond


Bahan:
1 C kacang almond, direndam semalaman
4 C air matang
1/4 sdt vanilla bubuk
Garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Blender kacang almond, air, vanilla bubuk dan garam sampai halus.
2. Saring hasil blenderan dan simpan dalam lemari es. Susu almond bisa disimpan sampai 3 hari apabila disimpan di lemari es

Untuk susu almond rasa green tea, bisa ditambahkan 1 sdt matcha bubuk. Begitu pula untuk susu almond rasa coklat, tambahkan carob atau cacao powder ke dalam susu almond.

Susu almond ini banyak sekali manfaatnya. Untuk yang alergi susu sapi juga bisa mengkonsumsi ini sebagai pengganti.



Monday, November 11, 2013

Roti Bluder

0 comments


Roti bluder kali ini agak lain dari yang lain, kenapa begitu? Pertama, rotinya raksasa, aku timbang adonan masing-masing 70gr, adonan roti umumnya ditimbang sebesar 50gr. Kedua, ini pertama kali aku menggunakan otentic dolce, ketiga pada saat proofing adonan aku tinggal dulu selama 1 jam untuk keluar rumah beli makan siang karena kalau lagi bikin roti suka malas masak dan lain-lain, sudah kebayang duluan capeknya dan dapur yang berantakan :) Keempat, aku bikin roti setelah lama bangeeett ga pacaran sama oven dan mikser hehehe

Awalnya sempat takut adonan gagal karena uda di mikser selama 20 menit kok ga kalis-kalis, akhirnya aku ngulenin pakai tangan, tambah tepung sedikit, alhamdulillah lama-lama kalis juga ya walau belum kalis banget habis tenaga sudah habissss... Kenapa nyoba pakai otentic dolce? Karena katanya otentic dolce membantu buat para pemula seperti saya dalam membuat roti, selain itu tidak perlu pakai ragi, susu bubuk, dan bread improver lagi, walaupun selama ini saya tidak pernah pakai sih yang namanya bread improver. Sempat takut pula pada saat pemanggan, karena sudah lama belum pacaran sama si oven, takut feelingnya hilang nanti roti malah gosong.

Yuk daripada bosan dengerin cerita saya ngalor ngidul ga jelas, mending disimak resepnya :)



Roti Bluder
Sumber: 52 Resep Kue Populer Sedap via Widya's Cakes

Bahan:
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang (aku pakai protein rendah karena di rumah adanya itu :))
1 bungkus (11 gr) ragi instan (aku skip karena pakai dolce)
75 gr susu bubuk full cream (aku skip karena pakai dolce)
150 gr gula pasir
4 butir kuning telur
2 butir putih telur
25 ml susu evaporated
175 ml air es
100 gr mentega
1 sdt garam

Susu evaporated untuk olesan
Meises dan keju parut untuk isi (aku pakai choco chip dan keju parut)

Cara Membuat:
1. Campur jadi satu bahan kering (tepung terigu, ragi, susu bubuk dan gula) di dalam wadah, campur sampai rata
2. Masukkan telur, susu dan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni
3. Masukkan mentega dan garam, uleni sampai kalis dan tidak robek kalau adonan dibentangkan seperti kulit martabak
4. Bulatkan dan diamkan sampai mengembang selama 30 menit
5.  Kempiskan adonan untuk membuang gas-nya, kemudian timbang masing-masing 50 gr, bulatkan, istirahatkan 10 menit (aku timbang masing-masing 70 gr, makanya jadi bluder raksasa hehehe)
6. Gilas adonan kemudian isi dengan bahan isian, tutup rapat dan bulatkan kembali, taruh dalam cetakan muffin yang diolesi mentega atau paper cup, istirahatkan kembali selama 75 menit
7. Olesi dengan susu evaporated dan panggang dengan suhu 190 C selama 15 menit (aku panggang selama 15 menit suhu 200 C, tergantung oven masing-masing ya, kalau ovenku suhu tinggi sekitar 200 C temperaturnya)

Untuk pembuatan roti kali ini, aku memakai dolce sebanyak 8% dari jumlah tepung. Jumlah tepung yang aku gunakan sebanyak 250 gr maka dolcenya sebanyak 20 gr. Apabila menggunakan dolce, maka penggunaan ragi dan susu bubuk dihilangkan.

Postingan ini juga diikutsertakan untuk Masak Bareng Yuuk !!! Edisi Bluder








Wednesday, October 16, 2013

Cake Ketan Hitam

0 comments
Pas lebaran Idul Adha kemarin dibela-belain buat cake ketan hitam. Ibu mertuaku sudah pesan dari berbulan-bulan yang lalu minta dibuatin bolu hitam, hehehe ibu mertuaku memang bilangnya bolu hitam karena penampilannya mungkin ya yang hitam. Kalau suami kurang begitu suka dengan cake ini, karena terlalu berpasir jadi dia paling cuma makan sepotong saja.

Cake Ketan Hitam
Sumber: Cake Fever

Bahan:
250 gr tepung ketan hitam
200 gr gula pasir (saya pakai brown sugar)
200 gr minyak goreng (saya pakai campuran mentega dan margarin, dilelehkan)
6 butir telur
1/2 sdt garam (skip)
1/2 sdt vanili
2 sdm susu kental manis (saya pakai susu bubuk)

Cara Membuat:
1. Kocok telur dan gula hingga kental. Masukkan garam dan vanili, kocok rata. Masukkan susu kental manis, kocok rata.
2. Masukkan tepung ketan hitam dengan cara diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3. Masukkan minyak goreng, perlahan. Aduk balik sampai rata.
4. Masukkan adonan ke dalam loyang, panggang 30 menit suhu 180 C.

Resep ini bisa dibikin versi kukus maupun panggang. Kebetulan saya bikin yang versi panggangnya. Enak dinikmati pagi-pagi dengan teh hangat :)

Maaf ya fotonya seadanya, soalnya buru-buru dimasukkan ke wadah untuk bekal suami.




Kelas BKR: Pastry untuk Pemula

0 comments
Sebenarnya ikut kelas BKR ini udah lama banget kira-kira dua mingguan yang lalu. Baru sempat didokumentasikan di blog karena baru pindah rumah kemudian kerjaan freelance lagi menyita waktu. 

Apa sih BKR itu? BKR itu singkatan dari Bakul Kue Rumahan, salah satu grup di facebook yang saya ikuti, pendirinya teh Nenis. Begitu tahu BKR mau mengadakan kursus untuk membuat pastry, saya langsung daftar, soalnya saya sukaaa bangeettt makan croissant, nah niatnya setelah kursus jadi bisa bikin croissant sendiri, tapi sampai sekarang belum praktek-praktek lagi hehehe.

Di kelas BKR ini, kami diajarkan membuat pastry sendiri dengan metode single fold. Dari satu adonan dasar pastry bisa digunakan untuk zuppa soup, croissant, dan danish. Oh ya pengajarnya Pak Sahak dan ada tim BKR juga. Pesertanya sekitar 25 orang, kelas dimulai dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Setelah itu peserta dibagi ke dalam empat kelompok, satu kelompok terdiri dari empat - lima orang. Semua bahan untuk membuat pastry kami timbang sendiri, diajarkan cara menguleni dan membentuknya. Pertama kami diajarkan cara membuat soup untuk zuppa soup. Supaya kulit zuppa soup mengembang dengan bagus ada beberapa tips dari pak Sahak, antara lain:
1. Soup harus benar-benar dingin sebelum ditutup dengan kulit pastry
2. Ukuran kulit pastry sebaiknya lebih besar dari ukuran cup/ wadah soup supaya kulit pastry tidak terlepas atau masuk ke dalam

Setelah membuat soup, kami membuat kulit pastry, ternyata pegel tangannya karena harus bolak balik menggilas adonan. Jadi adonan pastry-nya itu dilipat sebanyak tiga kali, maksimal empat kali. Kalau dilipat lebih dari empat kali nanti lapisannya tidak terbentuk dengan bagus dan tidak bisa mengembang.

Beberapa video yang sempat saya ambil, di video ini dijelaskan bagaimana cara membentuk croissant dan danish.

video


 I had so much fun in that class :) Nanti ya saya sharing resep yang diajarkan di kelas, soalnya kertas resepnya ketinggalan di rumah.







Monday, September 23, 2013

Puding Tahu Cokelat

0 comments
Cuma bisa bilang nyummm...enak banget puding yang satu ini, cara buatnya gampang dan cepat. Aku sama suami berebutan buat ngabisin, tahunya juga ga berasa, ketutup sama coklat.




Puding Tahu Cokelat (Tofu Chocolate Mousse)
Sumber: Urban Cook

Bahan:

3/4 cup dark cooking chocolate, cincang
336 gr tahu sutra
1/2 cup susu cair
Coklat chip secukupnya untuk hiasan

Cara Membuat:

1. Lelehkan coklat dengan cara ditim
2. Panaskan susu hingga hangat
3. Haluskan tahu, lelehan coklat, dan susu hangat hingga benar-benar halus dengan blender. Masukkan ke dalam cetakan agar atau cup puding
4. Dinginkan sekitar 30 menit, setelah dingin beri hiasa coklat chip diatasnya

Oh ya resep ini sekalian mau di-submit untuk event Chocolate Week's NCC




Powered by Blogger.
 

My Weekend Kitchen Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template