Saturday, August 3, 2013

Kue Lebaran

Assalamualaikum...apa kabar semuanya? Alhamdulillah saya dan keluarga sehat semua :) Bagaimana puasanya? Ada yang bolong ga?

Lama banget ya blog ga di-update, maklum karena pindah kerjaan terus juga sibuk ngurusin mamaku yang habis operasi jantung jadi ga sempet buat nge-blog. Alhamdulillah beliau sudah sembuh dan sudah bisa beraktivitas, walau masih belum boleh terlalu capek.

Gimana kue-kue lebarannya, uda pada buat belum? Saya baru sempet buat dua macam cookies aja, itu pun yang simpel dan ga ribet. Untuk nastar, tahun ini beli aja sama seorang teman. Soalnya ga kepegang kalau harus buat nastar, kastengel, dan lain-lain.

Kemarin, saya buat semprit dan choco chip cookies. Ternyata buat semprit itu gampang-gampang susah ya, mesti telaten nge-spuit adonannya. Untuk nyetak, pakai cetakan tembak jadi tangan ga begitu pegal. Nah ini cetakannya, beli di Dapur Hangus.


Nah ini penampakan kue Sempritnya sebelum dipanggang, cakep-cakep kan :) yuk, kita cek resepnya.



Kue Semprit Green Tea
Sumber: Buku Sedap Sekejap

Bahan:
225 gr mentega asin (aku pakai bakersmix sebanyak 275 gr)
50 gr margarin
100 gr gula tepung
2 tetes essens green tea (aku ganti dengan pasta vanilla)
2 kuning telur
300 gr tepung terigu protein rendah
1/2 sdt baking powder
40 gr maizena
2 sdt green tea bubuk (aku ganti susu bubuk)
25 gr almod slice (aku ganti kismis, untuk hiasan atasnya)

Cara Membuat:
1. Kocok mentega, margarin, dan gula tepung 1 menit. Masukkan essens green tea (pasta vanilla) dan kuning telur, kocok rata.
2. Masukkan tepung terigu, baking powder, maizena dan green tea bubuk (susu bubuk) sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan dalam kantong plastik segitiga.
3. Semprot memanjang 7 cm dengan spuit bergerigi di loyang yang dioles margarin. Letakkan almond di ujungnya. Kalau aku, masukkan adonan ke dalam cetakan, bentuk sesuai selera (aku bentuk bunga), taruh kismis di atasnya. Bisa juga menggunakan choco chip atau sukade untuk hiasan atasnya.
4. Oven dengan api bawah suhu 140 C 22 menit sampai matang (aku panggang selama 25 menit).

Untuk kue semprit yang ini, rasanya kurang manis. Untuk yang suka manis, gula tepungnya bisa ditambahkan 25 - 50 gr. Tapi karena aku dan suami sama-sama kurang suka manis, ukuran gulanya sudah sesuai.



Selain bikin kue semprit, kemarin juga sempet bikin choco chip cookies. Cuma kali ini nyoba pake tepung gandum (whole wheat), beli di Tbk Sukasari yang tepung gandum halus. Enaaakkk cuma besok-besok mau coba pakai tepung gandum kasar biar ada kres-kresnya gitu kalau dimakan. Resepnya nyontek di Pennylane Kitchen.


Yuk, di-sharing teman-teman sudah bikin cookies lebaran apa aja...

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

My Weekend Kitchen Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template